Loading...
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang
Jl. Kolonel Sugiono 266 Malang

Share WA
PW IGRA Jawa Timur Dan PD IGRA Kabupaten Malang Peduli Korban Gempa Kabupaten Malang
Editor: Humas01      Senin, 19 April 2021

Kab. Malang (IGRA) Gempa bermagnitudo 6,7 yang mengguncang Kabupaten Malang pada Sabtu (10/4/2021) sekitar pukul 14.00 WIB membuat Kabupaten Malang dirundung duka. Sebagian besar wilayah terdampak gempa berada di kawasan selatan Kabupaten Malang. Diantaranya terdapat di Kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo, Dampit, Sumbermajing Wetan, Bantur, Pagak dan Donomulyo. Tidak hanya korban jiwa, namun kerugian materi yang ditimbulkan dari bencana gempa ini terhitung lumayan banyak. Baik itu kerusakan rumah warga maupun bangunan umum seperti, masjid, mushola, ataupun sekolah.

Sebagai bentuk rasa kepedulian, keprihatinan dan solidaritas atas musibah yang tengah menimpa saudara kita di Kabupaten Malang, PW IGRA Jawa Timur bersama segenap jajaran pengurus PD IGRA Kabupaten Malang berupaya untuk sedikit membantu meringankan beban saudara kita melalui kegiatan bakti sosial penyerahan donasi gempa yang dilaksanaka pada hari Senin (19/4). Kegiatan ini didampingi langsung oleh Kasi Pedma Kabupaten Malang dan Pengawas Madrasah Tingkat Dasar.

Kegiatan bakti sosial ini difokuskan pada penyaluran donasi gempa untuk lembaga Raudhatul Athfal dibeberapa titik kecamatan di wilayah selatan Kabupaten Malang yang mengalami kerusakan bangunan sedang dan parah. Kerusakan yang ditemui pada bangunan Raudhatul Athfal rata-rata yaitu kerusakan pada dinding bangunan mulai dari retak, dinding patah, dinding mengelupas maupun roboh, serta kerusakan pada bagian atap.

Sumber dana kegiatan bakti sosial penyaluran donasi gempa bagi lembaga Raudhatul Athfal di wilayah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang ini, berasal dari dana Kas Sosial PW IGRA Jawa Timur dan Kas Sosial PD IGRA Kabupaten Malang. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan support dan dukungan serta meringankan beban saudara kita di Raudhatul Athfal yang terdampak gempa, dengan harapan agar bangunan Raudhatul Athfal yang mengalami kerusakan dapat sedikit tersentuh perbaikan untuk kembali berkiprah di dunia pendidikan.

Dari data yang diperoleh oleh Kemenag Kabupaten Malang terdapat 10 lembaga Raudhatul Athfal di Kabupaten Malang yang memerlukan uluran tangan untuk dana perbaikan maupun renovasi bangunan yang rusak. Dari 10 lembaga Raudhatul Athfal yang terdampak, hingga pada kegiatan bakti sosial pada hari itu donasi yang tersalurkan masih untuk 8 lembaga Raudhatul Athfal dan 1 lembaga Madrasah Tsanawiyah. Sedangkan 2 lembaga Raudhatul Athfal yang terdata terdampak gempa lainnya masuk dalam kegiatan bakti sosial tahap kedua. Mengingat pada baksos tahap pertama lokasi lembaga yang didatangi jauh dari pusat Kabupaten, sehingga 10 lembaga tidak cukup ditempuh dalam satu hari. Delapan lembaga Raudhatul Athfal yang sudah terealisasi penyaluran dana donasi yaitu RA Muslimat NU Hikmah Sonowangi-Ampelgading, RA Mambaul Ulum Ampelgading-Tirtoyudo, RA Al Amin Wonoagung-Tirtoyudo, RA Darussalam Srimulyo-Dampit, RA MIftahul Ulum Harjokuncaran-Sumawe, RA Sirojul Munir Sumberagung-Sumawe, RA Miftahul Huda Prangas-Sumawe, RA Darussalam Sumberasin Harjokuncaran-Sumawe dan Mts. Darussalam Srimulyo-Dampit.

Besar harapan yang diungkapkan oleh ketua PD IGRA Kabupaten Malang, Kanti Kasianah, ditengah sambutannya ketika break sejenak  di RA Miftahul Ulum Sumawe, “Kami berharap janganlah dilihat dari besar nominal yang kami berikan, tetapi lebih dari itu mohon diterima ini sebagai bentuk support dan dukungan kami kepada sesama lembaga pejuang pendidikan dan aggota IGRA.” Hal senada juga disampaikan pula oleh Ketua PW IGRA Jawa Timur Hj. Nurul Hasanah, dalam kesempatan yang sama pula.

Apreasiasi juga disampaikan oleh Kasi Pedma Kabupaten Malang, Bapak H. Muhammad Arifin, kepada segenap jajaran pengurus PD IGRA Kabupaten Malang yang mulai dari pagi hingga malam hari masih tetap menunjukkan semangat dan totalitas dalam kegiatan bakti sosial ini meskipun dalam suasana sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Ucapan terima kasih juga disampaikan M. Arifin kepada Ketua PW IGRA Jawa Timur yang setia mendampingi PD IGRA Kabupaten Malang dalam medukung kelancaran dan kesuksesan kegiatan bakti sosial ini. (YP)

 

Copyright (C) 2021 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang




Layanan PTSP


Tulisan Populer