Loading...
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang
Jl. Kolonel Sugiono 266 Malang

Share WA
"Indahnya Berbagi Di Maulid Nabi"
Editor: Humas01      Rabu, 20 Oktober 2021

Kab. Malang (MIN 2 Malang) - Kelahiran merupakan suatu hal yang penting bagi seseorang, dengan segala cara mereka mengabadikan momen berharganya, terutama saat tanggal 12 Rabi’ul Awwal bertepatan dengan lahirnya sang lentera dunia dambaan manusia yakni Nabi Muhammad SAW.

Sebagian besar umat Islam di dunia memperingati hari lahirnya sang baginda dengan melakukan berbagai kegiatan dan amalan guna mengingat dan menunjukkan rasa mahabbah dan kerinduan kepada sang baginda.

Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Malang pada (18-19/10) menggelar kegiatan Maulid Nabi 1443 H. Bertempat di Aula Madrasah, dengan mengusung tema “Membangun Generasi yang Cerdas dan Berakhlak Mulia”. Ada yang berbeda di peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini, usai pembacaan sholawat, mendengarkan tausiyah; murid-murid diampingi Bapak Ibu Guru, berbagi sedekah kepada masyarakat dan juga instansi di sekitar MIN 2 MALANG.

Kegiatan Maulid Nabi tersebut dihadiri seluruh siswa MIN 2 Malang beserta dewan guru dan staff MIN 2 Malang, dimulai sejak pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB sampai selesai sebelum masuk waktu shalat dzuhur. Kegiatan tersebut juga menghadirkan penceramah, dihari pertama Ustadz Supriadi dan dihari kedua Ustadz Joko Santoso. Diawali dengan rangkaian acara berupa tampilan siswa sebagai pra acara dan  pembukaan terdiri dari pembacaan ayat suci Al Qur’an, sambutan Kepala Madrasah, tausiyah dan selanjutnya membaca sholawat Nabi Muhammad SAW.

Dalam tausiyahnya Ustadz Supriadi, mengingatkan agar “Selain memperbanyak bacaan shalawat, cara kita mencintai Rasulullah adalah dengan mengikuti sunnah-sunnahnya, baik berupa perkataan, perbuatan maupun segala kebiasaan Rosulullah”.

Dijelaskan oleh Imam Ghozali, selaku Kepala Madrasah saat memberikan arahan, bahwa kegiatan Maulid Nabi ini merupakan media untuk selalu mengenang dan meneladani kehidupan Nabi Besar Muhammad SAW sebagai utusan Allah SWT dan nabi akhir zaman yang menyempurnakan akhlak manusia.

12 Rabi’ul Awwal tahun ini jatuh pada tanggal 19 oktober 2021, dimana pandemi belum musnah secara tuntas, dalam berbagai acara masih terikat dengan aturan pemerintah. Betapa malangnya saat pandemi melanda mengubah suasana yang ada. Membaca shalawat yang biasanya dilakukan secara berjamaah dan penuh suasana meriah di berbagai Masjid, sekolahan, ponpes dan lembaga pendidikan lainnya kini hanya dilaksanakan secara terbatas dan wajib mengikuti rangkaian protokol yang ditetapkan guna mencegah terjadinya penyebaran corona.

Namun semua itu tak mengurangi sedikitkpun rasa mahabbah kepada sang baginda karena hal tersebut dapat dilaksanakan setiap insan pribadi masing-masing di rumah dan justru menunjukkan benar benar menjadi insan yang setia kepada sang baginda meski dalam kondisi apapun hati dan lisan tak kunjung lepas bershalawat dengan penuh khidmah dan penuh harap syafaatul udhmah. Semoga pandemi ini segera usai dan kita bisa melakukan segala aktivitas dengan normal kembali, Aamiin Allohumma Aamiin. (Iis)

 

Copyright (C) 2021 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang




Layanan PTSP


Tulisan Populer